Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
522


Ditemui dirumahnya, yang terletak disebuah desa kecil Teluk Kemang Sungai Lilin di Sumatera Selatan, seorang anak berusia 8 tahun duduk bersama Ibunya.

Anak laki-laki bernama Ardi Suganda yang juga dikenal sebagai Ardi Rizal ini ternyata seorang pecandu rokok. Wow! Masih anak-anak.

Sejak berusia 2 tahun,Ardi sudah kecanduan menghisap rokok setiap hari. “Sulit bagiku untuk berhenti,”ungkap Ardi yang dikutip dari CNN.com (31/08/17)." “Kalau aku nggak merokok, kepalaku akan pusing dan mulutku terasa asam,” tambahnya.

Hal ini berawal saat Ardi merasa pusing dan ayahnya  sedang merokok (Rizal) , lalu Aldi ditawarin rokok oleh sang ayah. 

Semakin lama, Ardi justru semakin kecanduan dan menghabiskan rokok 40 bungkus sehari diusianya 6 tahun. Hal ini diungkapkan oleh sang ibu “Saya yakin kecanduan Ardi dimulai dengan tekanan teman sebaya dan paparan dari para perokok. Dia menemaniku setiap pagi ke pasar. Orang di sana bisa mengajari dia merokok, dan dia bisa dengan mudah mendapatkan rokok dengan bertanya kepada orang-orang dipasar tersebut.”

Diana (sang ibu) juga mengaku bahwa mereka sangat kewalahan membiayai kebutuhan rokok Ardi, pasalnya Diana dan Rizal bukanlah keluarga yang kaya. Mereka hanya berjualan sayur dipasar untuk menghidupi kebutuhan rumah tangga mereka.

“Saya nggak berani melarangnya, dia (akan) mulai membentur-benturkan kepalanya ke dinding seperti orang gila, dia menyakiti dirinya sendiri jika dia nggak merokok,”ceritanya. “Dia juga akan menangis seharian jika nggak dikasih uang untuk beli rokok,” tambah (diana) lagi.

Saya akui, saya adalah ibu yang lemah. Banyak orang yang ngatain bahwa kami adalah orangtua yang buruk. Tetapi saya sangat takut jika dia mengancam untuk menyakiti dirinya. Saya takut dia mati,” curhat diana kepada salah satu media .

Ardi merupakan anak bungsu dari 3 saudara dan ketiganya adalah laki-laki. Hanya entah mengapa, Aldi berbeda sendiri. Pasalnya saudara-saudaranya nggak pernah menyentuh rokok diusia sedini itu. Tetapi memang, udah nggak heran lagi bahwa di Indonesia banyak sekali anak laki-laki yang merokok di usia remaja .

Menurut ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Nasional, Dr. Seto Mulyadi “ Indonesia menduduki Presentase tertinggi anak laki-laki perokok di dunia,” hal ini patut kita ketahui renungkan sebagai masyarakat Indonesia apalagi Kristen. Kita harus mulai membentengi diri kita terhadap godaan teman-teman dan memperhatikan anak-anak kita juga mendidik mereka kepada kebenaran firman Tuhan. Selain itu kita juga bisa menempatkan anak-anak kita kedalam sebuah komunitas yang sehat dan benar, karena hal itu sangat perlu sekali dalam pertumbuhannya.

Sebuah berita baik, akhirnya diusia 8 tahun, Ardi sudah lepas dari kecanduan rokok. Bahkan dia sudah berani untuk menolak rokok jika ditawari oleh orang lain. Dia juga kini menjadi inspirasi dan membantu mencegah anak-anak lain berhenti merokok.

“Saya nggak mau merokok lagi, saya nggak mau sakit,” katanya. Jangan merokok, jangan coba-coba merokok. Susah untuk memberhentikannya,” pesan Ardi kepada anak-anak lain.

Sangat memprihatinkan jika Indonesia masih terus merajalela dengan rokok yang jelas-jelas membahayakan kesehatan dan mengakibatkan kematian. Dari kisah ini, apa yang dilakukan oleh gereja untuk menyikapinya ?

Matius 19:14: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”


Sumber : Berbagai sumber/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Darien E 24 July 2017 - 13:57:26

test flash data dari sub-head

0 Answer

Darien E 24 July 2017 - 13:56:36

test flash data

0 Answer

bagusp 20 July 2017 - 14:11:29

apakah Musa mati di gunung?

0 Answer


Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..




7303