Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
407


Kehadiran teknologi canggih seperti saat ini telah memungkinkan semua orang menjelajahi dunia hanya lewat ujung jari saja. Tapi sayangnya hal ini nggak selamanya berdampak positif bagi kehidupan, termasuk generasi muda kita dan anak-anak kita.

Jika kamu adalah orangtua millennial yang melahirkan anak-anak millennial yang tergantung pada ponsel pintar, games digital, youtube atau televisi, ada baiknya mencegah dampak negatif teknologi ini bagi anak. Karena tanpa pengawasan atau kontrol orangtua, anak-anak justru kebablasan dan nggak bisa membedakan media mana yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat bagi dirinya.

Supaya hal itu nggak terjadi sama anak-anakmu, ajukanlah 5 pertanyaan ini lebih dulu ke anak sebelum membiarkan mereka mengkonsumsi media dan teknologi yang tersedia.

Pertama, tanyakanlah apa sih pengaruh ponsel/tontonan/video itu bagi perilaku anak?

Misalnya, anak bermain games. Dan saat dia kalah, apa sih yang dia lakukan setelah itu? Apa tindakan selanjutnya dari anak apabila mereka nggak diawasi sama orangtua? Saat itulah orangtua harus menjelaskan langkah apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan anak. Ingatkan anak supaya mereka tetap menjaga hatinya dan tetap waspada dengan pengaruh media yang buruk.

“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” (Amsal 4: 23)

Kedua, sebelum memilih media yang akan mereka tonton/mainkan tanyakan apakah hal itu berguna atau malah penting untuk menambah wawasan anak?

Ingatlah bahwa Tuhan memberikan setiap keluarga keuangan yang mencukupi supaya orangtua bisa memakainya untuk memenuhi kebutuhan anak, termasuk pendidikan mereka. Dalam hal ini, orangtua patut bertanya ke anak lebih dulu tentang jenis media apa yang bisa mereka pakai dan apakah hal itu berguna bagi diri mereka sendiri atau tidak sama sekali.

Ketiga, apakah anak kecanduan dengan media yang mereka mainkan?

Salah satu dampak buruk teknologi adalah menyebabkan banyaknya kematian. Ada banyak games yang bermunculan dan membuat anak kecanduan sampai akhirnya lupa dengan prioritas utama mereka. Lupa makan, lupa belajar dan lupa melakukan kewajiban lainnya.

Keempat, apakah media yang dimainkan anak mengandung konten kekerasan?

Pastikan apakah konten media yang dimainkan atau ditonton anak tidak mengandung tindakan kekerasan. Hal ini penting karena akan sangat berdampak pada karakter atau tindakan anak. Misalnya, games yang menayangkan aksi bunuh-bunuhan yang penuh darah atau kekerasan fisik semacam perkelahian. Kasih anak gambaran konten yang pantas ditonton atau dimainkan dan ingatkan mereka bahwa Tuhan sama sekali nggak suka sama adegan bunuh-bunuhan atau perkelahian yang penuh dengan kekerasan.

Kelima, apakah media/tontonan/games itu memisahkan anak dari dunia?

Roma 12: 2 berkata, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk berbeda dari dunia ini. Untuk itu, kita perlu memperlengkapi anak atau geerasi muda kita untuk benar-benar menghormati Tuhan lewat apa yang mereka lakukan. Pastikan anak untuk tahu apakah mereka pantas memainkan atau menonton media yang mereka pilih.

Media memang bukan sesuatu yang buruk. Karena melaluinya kita bahkan bisa menjangkau ribuan orang di luar sana. Yang salah adalah kalau kita nggak bisa memanfaatkannya untuk tujuan yang benar dan bermanfaat. Misalnya, mendorong anak untuk menemukan satu media penginjilan yang tepat untuk anak-anak dan anak muda. Dengan ini, media bukan saja memberikan dampak positif ke dirinya sendiri tapi juga orang lain.

Sumber : jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Darien E 24 July 2017 - 13:57:26

test flash data dari sub-head

0 Answer

Darien E 24 July 2017 - 13:56:36

test flash data

0 Answer

bagusp 20 July 2017 - 14:11:29

apakah Musa mati di gunung?

0 Answer


Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..




7302