Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
1371


Sadar atau tidak kita pasti tahu bahwa kebiasaan baik akan berdampak positif dan kebiasaan buruk akan berdampak negatif dalam hidup kita. Kebiasaan adalah sesuatu yang kita lakukan bahkan tanpa harus berpikir lagi, hal itu seperti sudah terprogram dalam alam bawah sadar kita, dan untuk mengubah satu kebiasaan saja sangat sulit. 

Salah satu contohnya adalah kebiasaan saya membawa handphone bahkan saat pergi tidur, itu adalah benda yang terakhir saya pegang sebelum tidur dan pertama saat bangun. Lalu kalau pergi ke kantor lupa membawa hp bisa membuat saya gelisah. Mengapa demikian? Karena hal itu sudah menjadi kebiasaan. Padahal dulu sewaktu belum punya hp, hal itu tidak pernah terjadi. 

Kalau belajar dari prinsip Pareto atau yang dikenal dengan aturan 80/20, bahwa 20% yang kita lakukan bisa berdapak terhadap 80% hasil, maka jika kita terapkan dalam kehidupan kalau kita ubah 20% kebiasaan kita, maka akan berdampak kepada 80% hasil.

Nah, kalau kamu mau buat perubahan signifikan dalam hidupmu, maka ubahlah 20% kebiasaan burukmu. Kira-kira apa aja ya? 

Saran saya, cobalah lakukan 5 Challenge atau tantangan ini:

1. Buka sosial media hanya 2 kali sehari

Siapa sih jaman sekarang yang ngga pakai sosial media? Bahkan anak-anakpun sudah dibuatkan akun sosial media oleh orangtuanya. Nah, padahal klo kita terlalu banyak menghabiskan waktu di sosial media itu bahaya loh. 

Berdasarkan artikel yang dirilis oleh Forbes.com, sosial media ternyata berdampak negatif terhadap kesehatan mental. Berdasarkan pernyataan dari American Academy of Pediatrics, sosial media bisa membuat orang kecanduan. Ciri-cirinya mulai menelantarkan kehidupan pribadinya, pikirannya selalu sibuk, perubahan mood, menjauhkan diri dari pergaulan di dunia nyata, membandingkan diri dengan orang lain, bahkan hingga mengalami depresi. 

Untuk itu sangat penting untuk membatasi penggunaan sosial media. Berikan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitarmu. Percayalah, hal itu akan lebih membuatmu bahagia dan sehat secara mental. 

2. Berhenti mengeluh dan mengumpat, gantilah dengan mengucap syukur

Banyak yang mengakui bahwa ini adalah tantangan yang berat. Lebih mudah bagi kita mengeluh dan mengumpat saat, sangat jarang kita mengucap syukur untuk hal-hal kecil yang kita nikmati setiap hari. Namun penelitian membuktikan bahwa memiliki gaya hidup penuh rasa syukur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan suplai darah ke hati kita. Jika kita melakukan dengan rutin hal ini, maka dapat meningkatkan kewaspadaan kita, antusiasme, energi dan juga meningkatkan kualitas tidur kita. 

Jadi kalau Alkitab berkata, "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." (1 Tesalonika 5:18) hal itu bukanlah sebuah kebetulan. 

3. Bangun lebih pagi

Seorang penguasa bernama Skyler Irvine melakukan tantangan ini tidak dengan sukarela, hal itu terjadi karena anaknya yang baru lahir selalu terbangun pukul 4.30 pagi. Namun dia mengambil kesempatan ini untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih baik. 

"Dampaknya untuk seluruh hidup saya sangat powerful," demikian ungkap Irvine. 

"Saya juga mendapati bahwa produktifitas saya meningkat. Bangun jam 4 pagi, memberi makan putri saya hingga 4.30, lalu memiliki waktu tiga jam untuk diri saya sendiri sebelum seluruh dunia bangun sangat luar biasa," tambahnya. 

Mungkin kamu belum punya seorang buah hati yang membangunkanmu waktu pagi. Tapi kamu bisa memulai dengan menyalakan alarm di hp atau jam wekermu. Mulai harimu dengan saat teduh bersama Tuhan, menyembah Dia dan juga membaca firman Tuhan. Selain itu, sediakan waktu juga untuk menyusun jadwal kegiatanmu di hari itu. Percayalah, hal itu pasti berdampak besar untukmu. 

4. Berkenalan dengan 1 orang baru setiap hari 

Ini bukan kenalan di sosial media ya, tapi lakukan dengan tatap muka langsung. Ini tidak harus pembicaraan yang panjang, tapi mungkin cukup menyapa dan tahu siapa namanya, bekerja dimana. Kamu bisa lakukan saat makan siang atau setelah pulang kerja. Hal ini bisa membantu kamu mengembangkan kemampuanmu bersosial dan juga mengatasi rasa malu saat bertemu orang baru. 

5. Olahraga 15 menit sehari

Nah, kalau kamu ingin meningkatkan kesehatan fisikmu, menurut peneliti Lukas Tencer, dia menyarankan kamu untuk push-up 30 kali sehari. Mungkin ngga langsung segitu ya, mulai dari sebisa kamu. Mungkin cuma lima kali, terus kamu tingkatkan setiap hari. 

Selain push-up kamu juga bisa jogging selama 10-15 menit saja setiap hari. Hal itu akan membuat tubuhmu fit dan segar. 

Lalu berapa lama suatu kegiatan bisa menjadi sebuah kebiasaan, ternyata berdasarkan penelitian terbaru, hal ini tergantung tingkat kesulitannya. Untuk sebuah kegiatan yang mudah atau sesuatu yang kita sukai hanya dibutuhkan sekitar 21 hari hingga menjadi sebuah kebiasaan. Namun jika sulit, dibutuhkan hingga 3 bulan lebih. Wah, kok lama sepertinya ya..

Jangan patah semangat ya, fokus pada hasil yang akan kamu terima, yaitu perubahan hidup yang positif. Hal itu akan membuatmu semangat dan tekun untuk melakukan 5 tantangan di atas. 

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Darien E 24 July 2017 - 13:57:26

test flash data dari sub-head

0 Answer

Darien E 24 July 2017 - 13:56:36

test flash data

0 Answer

bagusp 20 July 2017 - 14:11:29

apakah Musa mati di gunung?

0 Answer


Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..




7333