Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
813


Vatikan akhirnya buka suara soal berita yang mengklaim kerja samanya dengan pemerintah Arab Saudi. Dalam sebuah pernyataan, Vatikan membantah adanya penandatanganan kerja sama untuk membangun gereja-gereja Kristen di Arab Saudi.

Sebagaimana diketahui, sebuah berita yang diterbitkan oleh Independent Mesir pada hari Rabu, 2 Mei 2018 lalu, menyampaikan bahwa perjanjian itu ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Sheikh Mohammed bin Abdel Karim Al-Issa dan Presiden Dewan Kepausan bidang Dialog Antarumat Beragama di Vatikan dan Kardinal Gereja Katolik di Perancis Jean-Louis Tauran.

Setelah mengundang kontroversi, artikel itu segera dihapus dari situs Website Independent Mesir. Namun penghapusan itu tidak menghilangkan jejak historis di situs pencarian Google. Sehingga artikel tersebut masih bisa dibuka oleh pengguna media.

Di dalam artikel tersebut disebutkan bahwa kerja sama tersebut merupakan upaya pemerintah Arab Saudi dalam memperkuat peran agama dan budaya dalam memerangi tindakan terorisme dan ekstremisme agama yang masih marak terjadi.

Tauran bahkan sudah bertemu dengan keluarga Kerajaan Saudi di awal tahun ini. Di dalam kunjungannya itu, dia dan putra Mahkota Saudi membahas soal kampanye penggunaan media dan teknologi pemerintah untuk mencegah munculnya tindakan ekstremis sekaligus mempromosikan toleransi.

“Menurut saya, kita punya dua musuh: ekstremisme dan ketidaktahuan. Saya tidak percaya pada benturan peradaban tetapi dalam benturan ketidaktahuan. Sebagian besar waktu orang bereaksi karena mereka tidak tahu siapa Anda atau siapa mereka,” kata Tauran.

Tauran dilaporkan telah menandatangani kesepakatan dengan Liga Muslim Dunia yaitu sebuah organisasi yang fokus untuk menyebarkan paham Islam Wahhabi dengan mendapat dukungan dari pemerintah.

Penandatanganan perjanjian itu dilaporkan melibatkan tokoh-tokoh lintas agama dari Vatikan dan Arab Saudi.

Soal hal ini, Tauran menyampaikan bahwa kunjungannya bisa jadi indikasi positif bahwa orang-orang Kristen mulai diterima dengan baik di negara Islam tersebut.

Baca Juga :

Merayakan Ibadah, 27 Umat Kristiani Ini Di Keluarkan Dari Arab Saudi

Demi Tumbuhkan Toleransi, Nama Masjid Uni Emirat Arab Ini Diganti Jadi ‘Masjid Maria Bunda Yesus’

Seperti diketahui, beberapa bulan terakhir para pemimpin kerajaan Arab Saudi sudah bertemu dengan berbagai pemimpin Kristen, termasuk kepala Gereja Maronite Lebanon, Beshara Rai.

Dalam sebuah kesempatan kunjungan ke Riyadh pada November 2017 lalu, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman sudah bertemu dengan Rai. Tak hanya itu, pangeran Arab Saudi itu juga sudah bertemu dengan para pemimpin Yahudi dan Katolik di New York pada bulan Maret lalu.

Pertemuan dengan para tokoh agama ini dinilai sebagai upaya pangeran kerajaan Arab Saudi untuk membersihkan citra kerajaannya dari ideologi jihadis.

Secara data, tercatat bahwa ada sebanyak 1.5 juta orang Kristen yang tinggal menetap di Arab Saudi. Sebagai negara Islam, aktivitas keagamaan umat Kristen benar-benar sangat dibatasi pemerintah.

Kita semua tentu berharap agar berita ini benar. Karena sangat berdampak positif terhadap kenyamanan hidup antarumat beragama di negara tersebut. Jadi, mari terus menunggu perkembangan selanjutnya soal rencana baik ini.

Sumber : Christiantimes.com/Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Darien E 24 July 2017 - 13:57:26

test flash data dari sub-head

0 Answer

Darien E 24 July 2017 - 13:56:36

test flash data

0 Answer

bagusp 20 July 2017 - 14:11:29

apakah Musa mati di gunung?

0 Answer


Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..




7428