Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
171


Menjadi single itu adalah anugerah dari Tuhan, namun sayangnya nggak banyak orang yang menganggap bahwa status single merupakan anugerah.

Salah satunya adalah saya. Saya selalu beranggapan bahwa menjadi sendiri itu adalah kesedihan yang terdalam, kecemburuan dari teman-teman lain dan lain sebagainya.

Saya selalu berpikir bahwa memiliki pasangan akan menjadi kejadian yang indah dalam kehidupan, ditambah postingan teman-teman atau orang lain di media sosial yang penuh dengan keromantisan bersama pasangan, penuh dengan komentar perhatian satu sama lain, hingga menyaksikan mereka yang berlalu lalang di depan mata bersama pasangan mereka.

Padahal, memiliki hubungan bukanlah sebuah situasi yang selalu menjanjikan kesenangan atau kebahagiaan.

Hubungan juga memiliki situasi yang rumit bahkan lebih rumit daripada yang di hadapi oleh kita yang masih single, sehingga jika hari ini kita masih single, kita harus bersyukur dan memetik beberapa manfaat seperti dibawah ini :

1. Kita tidak berurusan dengan drama hubungan

Perubahan yang paling buruk setelah memiliki hubungan adalah stres. Memang sih tidak semua hubungan selalu disertai stres berkepanjangan tetapi dalam prosesnya, tentu kita akan mengalami hal ini.

Memangnya kita pikir menyeimbangkan keinginan dan pikiran kita dengan pasangan itu, cukup mudah?

Pasangan ingin menetap di Jakarta, misalnya. Sedangkan kita ingin melanjutkan studi dan menerima tawaran kerja di Australia.

Entah keduanya bisa saling kompromi dan mampu memutuskan yang terbaik, namun yang jelas dalam prosesnya akan terjadi stres, salah paham, dan perkelahian yang penuh dengan drama. Kalau kamu masih single, artinya kamu nggak akan hadapi kejadian ini saat ini kan? Jadi single itu akan bikin kamu bebas mengejar impianmu tanpa berurusan dengan perkelahian yang penuh drama.

2. Kamu akan tetap bahagia

Ada banyak orang yang nggak bahagia menjalani sebuah hubungan, namun terpaksa karena takut sendirian seumur hidupnya.

Ketika kita berada dalam sebuah hubungan yang buruk dengan pasangan, maka kita akan secara otomatis stres dan  merasa bersalah karena salah memilih dan merasa kehilangan harapan akan adanya seseorang yang mampu bikin kita bahagia.

Tetapi jika saat ini kita masih sendiri, tentulah pikiran itu tidak akan pernah terbesit dalam pikiran kita, justru kita bahagia tanpa harus takut kehilangan siapapun, namun tetap berharap kepada sang Pencipta.

3. Kita punya waktu untuk diri sendiri

Single itu akan membantu kita untuk fokus pada diri sendiri tanpa adanya gangguan dari orang lain.

Kamu bisa olahraga, ikuti hobi baru, atau fokus mengembangkan karir kita.

Dan yang paling penting, menjadi single akan bikin kita memiliki waktu yang banyak untuk  mengenal diri kita sendiri, dan mengupgrade menjadi jauh lebih berkualitas, baik dari sisi keahlian atau kerohanian.

Firman Allah mengatakan, bahwa Tuhan akan memberikan kita pasangan yang sepadan (Kejadian 2:18). Artinya, jika kita bertumbuh menjadi single yang baik dalam sisi kerohanian dan karir dan lain sebagainya, maka Tuhan akan memberikan yang sepadan.

Jadi, mari manfaatkan masa lajang kita hari ini untuk diri sendiri dengan penuh sukacita.

4. Kita dapat melakukan apapun dengan bebas tanpa rasa cemburu

Kecemburuan bisa datang kepada siapapun. Dan ada banyak orang yang mengatakan bahwa cemburu kepada pasangan merupakan bentuk dari kasih, atau cinta. Padahal di 1 Korintus 13 membahas arti kasih bahwa  kasih itu percaya segala sesuatu.

Ketika saya membangun hubungan beberapa waktu silam, saya mendapati diri saya penuh dengan rasa curiga, demikian dengan dia, sehingga hal itu membawa dampak buruk dalam hubungan jga pertumbuhan karir kami, bahkan menjadi batasan untuk kami bergerak dan bebas mengekspresikan emosi terhadap apapun yang kami suka.

Sungguh itu tidak baik!

Menjadi lajang merupakan sebuah anugerah, bukan berarti kita tidak bisa berpacaran tetapi dengan lajang saat ini, artinya kita memiliki banyak kesempatan untuk melakukan apapun yang benar tanpa adanya rasa cemburu atau dicemburui yang membuat kita merasa susah untuk bergerak.

Selain itu, kita juga bisa belajar untuk mengendalikan diri kita dan mempersiapkan hati untuk menerima seseorang kedepan menjadi pasangan kita.

5. Kita menjadi jauh lebih mandiri

Ketika kita menjalin hubungan yang serius dengan seseorang, wajar saja jika kita memerlukan dia sebagai tempat bersandar. Bahkan tidak banyak orang yang justru mengandalkan pasangannya dalam setiap hal yang ingin dia lakukan.

Misalnya makan malam, pulang ngantor, pesta, traveling, shopping bahkan masalah keuangan dan lain sebagainya.

Memang itu tidak salah, tetapi dengan melajang kita mampu belajar cara untuk menyelesaikan segala sesuatunya dengan sendiri dan bersandar penuh kepada Tuhan Yesus.

Dalma hal ini, kita akan belajar banyak hal yang baik yang mempersiapkan kita menjadi seseorang yang layak mengakhiri masa lajang kedepan.

Jadi, buat kamu yang masih single hari ini, jangan pernah takut bahwa kamu akan tetap sendirian selamanya ya!

Jangan cemburu dan iri dengan yang lain, karena waktu Tuhan itu sangat tepat.

Dia sedang mempersiapkan kita untuk matang sehingga rencanaNya sempurna ketika kita bertemu dengan sang pangeran atau ratu pendamping kita. Semangat terus!

Sumber : cheatsheet/jawaban

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Darien E 24 July 2017 - 13:57:26

test flash data dari sub-head

0 Answer

Darien E 24 July 2017 - 13:56:36

test flash data

0 Answer

bagusp 20 July 2017 - 14:11:29

apakah Musa mati di gunung?

0 Answer


Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..




7429