Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
681


Sepanjang sepekan belakangan ini, Indonesia menghadapi serangan kekerasan dan aksi teroris yang menjatuhkan banyak korban. Seperti diketahui, peristiwa kerusuhan di Mako Brimob dan juga serangkaian pengeboman di Surabaya membuat masyarakat ketakutan.

Sebagai manusia biasa, kita pasti bisa merasakan bagaimana rasanya kehilangan orang yang kita cintai karena jadi korban serangan teroris dari kelompok yang tak bertanggung jawab tersebut. Apalagi kalau korban melibatkan anak-anak berusia belia. Sebagai orang tua, tentu saja kita tak ingin anggota keluarga kita jadi korban tindakan keji para pelaku.

Meskipun duka dan rasa was-was pasti menyelimuti hati kita, tapi jangan biarkan ketakutan membuat kita jadi terisolasi. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat, khususnya setiap keluarga adalah tetap waspada. Tak apa kalau harus bepergian keluar rumah, asal tetaplah waspada dengan 7 ciri-ciri aktivitas terorisme ini:

1. Selalu mengawasi sekitar

Lakukanlah tindakan cepat saat melihat ada sosok yang kelihatan aneh di sekitar tempatmu berada. Bila perlu rekam atau amati terus apa yang dia lakukan. Misalnya, berpakaian aneh, tatapan yang mencurigakan, atau melakukan sesuatu yang tak lazim. Setelah itu, mulai menyingkir dari tempat itu sesegera mungkin.

2. Curigai seseorang yang punya keahlian informasi

Seorang teroris biasanya punya kemampuan tinggi soal informasi. Mereka biasanya juga akan dibekali dengan keahlian membongkar data atau memalsukan identitas diri atau bisa bebas dari alat pendeteksi. Saat kamu dan keluarga kebetulan jalan ke sebuah gedung, entah hotel, tempat perbelanjaan atau tempat publik, dan menemukan orang semacam ini, segeralah melaporkannya ke pihak yang berwajib. Lalu bawa semua keluarga keluar dari gedung tersebut sesegera mungkin.

3. Hubungi pihak berwenang

Metode yang biasa dipakai oleh kelompok teroris dalam aksinya adalah dengan menerobos pihak keamanan yang berjaga di sebuah gerbang masuk. Meskipun hanya mengincar tempat-tempat tertentu yang mungkin berkaitan dengan rumah ibadah atau lembaga pemerintahan, tetaplah berhati-hati saat sedang bepergian ke tempat umum. Saat kamu kebetulan melihat ada sosok yang mencurigakan mendekati sebuah gerbang, segeralah melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

4. Curigai apabila seseorang membeli bahan-bahan kimia berbahaya

Selain menggunakan pistol atau senjata tajam, biasanya kelompok teroris akan merakit bom sendiri. Untuk membuat rakitan ini, mereka akan membeli bahan-bahan kimia yang bersifat berbahaya. Saat mendapati seseorang yang tampak membeli bahan-bahan ini di sebuah toko, segeralah waspada.

5. Gerak-gerik seseorang tampak mencurigakan di tempat umum

Bahkan kita sama sekali nggak sadar kalau pelaku teroris adalah tetangga kita sendiri ataupun teman sekerja. Apalagi kalau kita bertemu dengan orang asing yang berpenampilan mencurigakan atau melakukan aksi-aksi yang terlarang. Segeralah pergi sejauh mungkin dari dia.

6. Menghindar dari seseorang yang tampak mondar-mandir

Teroris mungkin mempraktikkan serangan mereka sebelum menjalankannya. Jadi perhatikanlah orang-orang yang suka mondar-mandir di suatu tempat.

7. Hindari lokasi yang dicurigai jadi sasaran teroris

Teroris biasanya akan melakukan perencanaan sebelum menjalankan misinya. Mereka bisa saja terus mengamati tempat lokasi sasaran serangan. Saat mereka meletakkan sebuah bungkusan, ransel atau benda tertentu di sebuah tempat segeralah melaporkannya ke pihak berwenang. Jauhi juga lokasi itu untuk sementara waktu untuk memastikan keamanan dan keselamatanmu.

Memastikan semua anggota keluarga aman dari serangan teroris adalah hal yang harus kita lakukan. Kalau kamu masih merasa takut dan ragu untuk melakukan aktivitas di luar rumah, mungkin lima langkah ini membuatmu merasa lebih nyaman.

1. Pastikan kondisi terkini tempat yang akan kamu tuju. Misalnya tempat kerja, sekolah anak atau tempat-tempat publik tertentu. Bila perlu hubungi pihak gedung untuk mencari tahu informasinya.

2. Saat menghadiri sebuah event pastikan kalau lokasi itu berdekatan dengan rumah sakit tertentu.

3. Cari tahu informasi tentang cara untuk menghindari bencana yang tiba-tiba terjadi saat kamu sedang bepergian baik dari online atau lembaga keamanan negara.

4. Ajarkan seluruh anggota keluargamu tentang tujuh ciri-ciri aksi teroris di atas. Supaya saat mereka menyaksikan sesuatu yang mencurigakan, mereka segera memberitahukannya.

5. Jangan pernah lupa berdoa sebelum bepergian kemana-mana. Kita tahu kalau sumber perlindungan kita asalnya dari Tuhan. Jadi, berdoalah meminta perlindungan dari Tuhan untuk semua anggota keluargamu. Mintalah supaya malaikat-malaikat-Nya berjaga-jaga atas keluargamu.

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Darien E 24 July 2017 - 13:57:26

test flash data dari sub-head

0 Answer

Darien E 24 July 2017 - 13:56:36

test flash data

0 Answer

bagusp 20 July 2017 - 14:11:29

apakah Musa mati di gunung?

0 Answer


Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..




7428