Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
198


Hidup bersama dalam satu atap menjadi proses yang membuat suami istri semakin kuat. Bukan hanya bisa menikmati kebahagiaan bersama, tapi mereka juga akan setia melewati masa-masa tersulit sekalipun bersama.

Tentu saja tak ada yang pernah tahu kapan tragedi atau musibah terjadi. Tapi sebagai pasangan menikah, suami istri harus siap melewatinya bersama. Inilah yang dilakukan suami istri ketika peristiwa menyedihkan terjadi, seperti kematian, kehilangan, penyakit, kegagalan, dan kondisi buruk lainnya. Namun kondisi yang kemungkinan akan dihadapi oleh setiap kita adalah kehilangan orang yang kita kasihi.

Mungkin ada masanya ketika salah satu anggota keluarga meninggal, entah orang tua, saudara, atau bahkan anak sendiri. Kehilangan pasti akan menggoreskan duka mendalam untuk sejenak waktu. Karena itulah dukungan sangat dibutuhkan pasangan selama melalui masa-masa sulit ini.

Baca Juga :

Jangan Ucapkan 7 Kalimat Penghiburan Ini Kepada Orang yang Berduka

Berapa Lama Lagi Kamu Berdukacita?


10 hal ini bisa kamu lakukan untuk mendukung suami atau istrimu selama masa-masa berduka.

1. Biarkan dia menangis

Suami atau istrimu masih terpukul setelah kepergian orang yang dia kasihi. Air mata bahkan tak punya jeda untuk berhenti. Jangan pernah berkata ‘sudahlah jangan menangis lagi’. Tapi biarkanlah dia menangis karena pada dasarnya menangis adalah bagian dari proses berduka. Biarkan dia menangis sepuasnya di depanmu.

2. Jujurlah dengan perasaanmu

Sama seperti dia, kamu juga pasti akan merasakan perasaan kehilangan yang sama. Karena itu hindarilah sikap pura-pura tegar dan kuat dan akui kalau kamu juga sangat sedih. Katakan kepadanya, “Aku tak tahu harus bilang apa. Tapi aku sangat menyesal dan akan selalu ada di sini untukmu.”

3. Beri mereka ruang sendiri

Masa-masa berduka adalah saat tersulit yang akan dilalui oleh keluarga besar. Tapi tak ada cara lain untuk memulihkannya selain membiarkannya berlalu seiring waktu. Jadi, saat pasangan masih larut dalam kesedihan, biarkan dia sendiri. Berikan ruang untuk dia melewati kesedihannya dengan caranya sendiri.

4. Biarkan masa-masa diam mengalir

Kehilangan orang yang kita kasihi membuat hati hancur. Kata-kata sekalipun bahkan tak bisa menggambarkannya. Jadi, kalau memang kondisinya masih begitu berat. Biarkan kalian tetap dalam diam. Jangan paksakan diri untuk menyampaikan kata-kata yang malah hanya akan menyebabkan menyinggung perasaan. Habiskanlah waktu selama berjam-jam bersama di tempat tidur, di sofa, di ruang tamu tanpa kata.

5. Tawarkan bantuan, mungkin dia sedang butuh

Jangan sungkan untuk menawarkan bantuan. Di tengah guncangan yang dialaminya, mungkin pasangan tak lagi fokus dengan berbagai urusan seperti pemakaman, peti jenazah, urusan rumah sakit dan sebagainya. Jadi, tawarkanlah dirimu untuk mengurus segala sesuatunya. Atau pasca kehilangan, kamu bisa berinisiatif untuk membereskan rumah, mencuci baju, memasak atau memanaskan air hangat untuk mandiannya.

Setiap orang pasti akan melewati masa-masa ini. Namun akan lebih bijak kalau kita bisa melakukan sesuatu untuk mendukung orang yang kita cintai melewati rasa dukanya, termasuk mendoakannya.

Sumber : Berbagai Sumber

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Darien E 24 July 2017 - 13:57:26

test flash data dari sub-head

0 Answer

Darien E 24 July 2017 - 13:56:36

test flash data

0 Answer

bagusp 20 July 2017 - 14:11:29

apakah Musa mati di gunung?

0 Answer


Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..




7428